Senin, 27 Mei 2013

TRANSPORTASI


    PENGERTIAN TRANSPORTASI

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia,hewan atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk disana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka. Transportasi diartikan sebagai pemindahan barang dan manusia dari suatu tempat ke tempat lainnya apabila  Adanya muatan yang diangkut,Tersedianya kendaraan sebagai alat angkut dan adanya jalan yang dapat dilalui oleh alat angkut tersebut.
        pemindahan barang dan manusia dengan angkutan adalah untuk bertujuan menaikkan atau menciptakan nilai ekonomi dari suatu barang, dengan demikian pengangkutan dilakukan karena nilai suatu barang lebih tinggi di tempat tujuan dari pada tempat asalnya.
     Kebutuhan transportasi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Sarana transportasi yang ada di darat, laut, maupun udara memegang peranan penting masing-masing. Distribusi barang, manusia,dan lain-lain akan menjadi lebih mudah dan cepat bila sarana transportasi yang ada berfungsi sebagaimana mestinya sehingga transportasi dapat menjadi salah satu sarana untuk menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia. Melalui transportasi penduduk antara wilayah satu dengan wilayah lainnya dapat saling berhubungan dalam bidang pembangunan,perindustrian,dan lain-lain.
       Sistem transportasi dikenal sebagai salah satu penghubung distribusi barang dan penumpang yang sangat berperan didalam menunjang pembangunan politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan keamanan. Sistem transportasi ini akan mencerminkan pertumbuhan ekonomi secara langsung sehingga transportasi mempunyai peranan yang penting. Keberhasilan sistem transportasi dapat dilihat dari kemampuannya dalam menunjang serta mendorong peningkatan ekonomi nasional, regional dan lokal.
      Perkembangan sarana dan prasarana transportasi di Indonesia berjalan sedikit lebih lambat dibandingkan dengan negara-negara lain. Hal ini disebabkan oleh kinerja pemerintah masing-masing negara dalam menangani kinerja sistem transportasi yang ada. Negara maju menganggap pembangunan transportasi merupakan bagian yang sangat berhubungan dengan pembangunan perekonomian. Pembangunan berbagai sarana dan prasarana transportasi seperti dermaga, pelabuhan, bandara, dan jalan rel dapat menimbulkan efek ekonomi yang cukup besar, terutama penyediaan lapangan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar